Cara Mengosongkan RAM Di Komputer Windows Anda


1
14 shares, 1 point

Meskipun kami tahu bahwa semakin banyak RAM yang digunakan komputer Anda untuk meningkatkan multitasking, semakin baik (untuk produktivitas). Banyak pengguna ingin mengendalikan bagaimana RAM dialokasikan untuk berbagai diproses.

Anda mungkin pernah mengalami gagap atau mengamati kinerja komputer Anda yang lesu ketika Anda kekurangan RAM, jadi, kadang-kadang penting untuk mengetahui cara membebaskan RAM dan mengoptimalkannya untuk memaksimalkan memori komputer Anda.

Haruskah Anda Mengupgrade RAM Anda?

Haruskah Anda menambahkan lebih banyak RAM? Iya dan tidak. Untuk menjawab pertanyaan, Anda harus menganalisis bagaimana memori Anda digunakan.

Hal pertama yang harus Anda periksa – Apakah RAM Anda digunakan untuk semua aplikasi yang diperlukan? Jika ya, Anda perlu memaksimalkan komputer Anda – untuk multitasking yang lebih baik.

Jika Anda tidak yakin tentang itu- kami akan membantu Anda menyelidiki dan berpotensi memperbaikinya menggunakan solusi yang akan kami diskusikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Membebaskan & Menurunkan Penggunaan RAM Anda?

  1. 1 Cukup Lakukan Restart

    Opsi termudah untuk memperbaiki sesuatu di Windows adalah dengan hanya melakukan reboot. Kadang-kadang ada banyak proses yang berjalan dan secara praktis tidak mungkin dan memakan waktu untuk menutup semuanya - jadi lebih baik untuk memulai kembali dan hanya menampilkan item startup di latar belakang.

  2. 2 Singkirkan Program yang Tidak Diinginkan


    Terkadang kami memiliki beberapa proses latar belakang yang berjalan untuk aplikasi yang mungkin tidak pernah kami gunakan.

    Sebagai contoh, saya memiliki klien VPN diinstal - yang saya tidak repot menggunakannya. Namun, saya selalu menemukan beberapa proses latar belakang yang berjalan terkait dengan program VPN.

    Jadi, navigasikan melalui Pengaturan -> Aplikasi cukup hapus dan hapus program yang tidak Anda gunakan - hanya untuk memastikan bahwa Anda tidak harus berurusan dengan proses latar belakang yang tidak perlu.

  3. 3 Gunakan Aplikasi Yang Ringan Pada Sumber Daya Sistem

    Sama seperti Google Chrome, ada beberapa aplikasi di Windows yang dikenal banyak mengkonsumsi RAM untuk bekerja. Dalam hal ini, Anda dapat menemukan alternatif yang lebih ringan yang berpotensi menurunkan penggunaan RAM di komputer Anda.

    Anda mungkin menemukan edisi "lite" atau sesuatu yang lebih sederhana yang seharusnya menghabiskan lebih sedikit memori. Sebagai contoh, saya dapat memilih untuk menggunakan Firefox melalui Google Chrome yang terbukti mengkonsumsi lebih sedikit RAM - dalam kasus penggunaan saya.

    Atau mungkin menggunakan sesuatu yang menarik seperti Opera GX yang memungkinkan Anda membatasi penggunaan RAM untuk browser Anda. Perlu dicatat bahwa Anda khawatir tentang browser yang berorientasi privasi, Opera mungkin bukan pilihan terbaik.

  4. 4 Monitor Penggunaan RAM


    Meskipun Anda tidak memiliki apa pun yang tidak perlu diinstal - Anda masih mengamati sebagian besar memori yang digunakan.

    Terkadang aplikasi mengkonsumsi banyak memori sebagai bagian dari perilaku abnormalnya. Pembaruan aplikasi baru-baru ini dapat menjadi penyebab atau mungkin karena ekstensi yang baru saja Anda tambahkan yang memperburuk keadaan.

    Anda tidak bisa begitu yakin tentang itu. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola dan memantau penggunaan RAM secara teratur untuk melihat apa yang menghabiskan memori dan memeriksa semuanya.

  5. 5 Gunakan Perangkat Lunak Bo Game Booster ’Untuk Menangguhkan Proses Saat Bermain Game


    Aplikasi seperti Razer Cortex akan membantu Anda menangguhkan semua pemrosesan latar belakang yang tidak perlu sebelum meluncurkan game. Jadi, Anda dapat memiliki lebih banyak RAM yang tersedia yang didedikasikan untuk gim Anda. Meskipun ini mungkin tidak membuat perbedaan besar selalu - itu masih patut dicoba. Bagi sebagian orang, ini bisa sangat membantu.

  6. 6 Pindai Proses / Program yang Tidak Benar atau Berbahaya


    Bahkan dengan program Antivirus, Anda dapat memiliki proses jahat yang menghabiskan memori sistem Anda. Mungkin tidak mungkin untuk selalu melihat proses berbahaya.

    Jadi, untuk menyingkirkan program dan proses yang tidak diinginkan tersebut, Anda cukup menjalankan pemindaian menggunakan AdwCleaner oleh Malwarebytes. Jika ada sesuatu yang melewati Antivirus Anda, ini sebagian besar akan membantu Anda menyingkirkannya. Apa pun itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk mencoba alat ini - jadi mengapa tidak?

  7. 7 Minimize Startup Programs


    Tweak yang sangat kecil yang dapat Anda lakukan dengan hanya pergi ke Task Manager dan menuju ke bagian Startup. Anda harus menonaktifkan program yang tidak perlu diluncurkan saat startup.

    Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih sedikit program yang berjalan saat Anda boot ke sistem Anda. Dan, jika semuanya sempurna, Anda harus memiliki penggunaan RAM yang lebih rendah.


Like it? Share with your friends!

1
14 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Wow Wow
0
Wow
Suka Suka
0
Suka
Buruk Buruk
0
Buruk
Sedih Sedih
0
Sedih
Ivan Darmawan

Seorang calon sarjana hukum yang hobby didalam dunia IT dan menekuni dalam bidang website.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format