Dari teman sekamar geeky Anda yang menghabiskan koneksi internet Anda setiap saat sepanjang malam hingga anggota keluarga luddite Anda, hampir semua orang tahu apa BitTorrent saat ini. Mereka mungkin tidak dapat menggambarkan cara kerjanya, atau bahkan cara hukum mereka dapat menggunakannya, tetapi mereka tahu itu ada. (Jika Anda sedikit geekier, Anda mungkin juga tahu bahwa jaringan peer-to-peer bahkan dapat memberi daya proses seperti pembaruan sistem operasi Windows, pembaruan Chromebook, dan instalasi aplikasi Android.)

Bahkan jika Anda tidak peduli tentang cara kerja BitTorrent (Anda harus!), Ada banyak tips yang kami senang berbagi tentang cara memaksimalkan pengalaman Anda saat mengunduh dan mengunggah file. (Paling tidak, kami memiliki banyak pemikiran tentang aplikasi mana yang harus Anda gunakan untuk Bittorrent, dan bagaimana Anda bisa tetap aman melakukannya.)

Pertama, mari kita bicara tentang teknologi — secara singkat, kami berjanji.

Apa itu BitTorrent?

BitTorrent bukan program. Ini adalah metode mengunduh file menggunakan sistem berbagi file peer-to-peer yang didistribusikan. Program yang Anda gunakan untuk mengunduh file melalui protokol BitTorrent disebut klien BitTorrent.

Apa yang membuat protokol BitTorrent unik adalah bahwa protokol tersebut mendistribusikan pembagian file di semua pengguna yang telah mengunduh atau sedang dalam proses mengunduh file. Karena BitTorrent memecah dan mendistribusikan file dalam ratusan potongan kecil, Anda bahkan tidak perlu mengunduh seluruh file sebelum Anda mulai berbagi. Segera setelah Anda memiliki sepotong file, Anda dapat mulai berbagi potongan itu dengan pengguna lain. Itulah yang membuat BitTorrent begitu cepat; pengguna dapat berbagi potongan file satu sama lain segera setelah mereka diunduh (alih-alih menunggu sampai seluruh unduhan selesai).

Jika Anda masih bingung, mari coba pendekatan yang lebih sederhana. Seperti yang diilustrasikan Sampathkumar di Medium, ini adalah versi sederhana dari apa yang ingin diunduh dari file normal dari situs web:

Saat Anda mengunduh sesuatu dari BitTorrent, tampilannya sedikit seperti ini:

Keuntungan? Jika satu sistem dalam kelompok besar BitTorrenters lambat, tidak apa-apa — dengan keberuntungan, akan ada komputer lain yang dapat mengirimkan potongan file yang Anda cari dengan kecepatan yang jauh lebih besar. Jika Anda baru saja mengunduh file dari satu server lambat, Anda akan mandek; karena BitTorrent berupaya menyatukan file dari (idealnya) banyak orang sekaligus, Anda akan memiliki banyak alternatif bawaan — dan Anda, diri Anda sendiri, akan membantu berkontribusi pada permintaan orang lain.

Cara menemukan dan mengunduh file dengan BitTorrent

Sekarang Anda sudah memiliki ide yang lebih baik tentang terminologi dan proses di balik BitTorrent, mari kita langsung menggunakannya.

Pertama, Anda harus mengunduh klien BitTorrent

Tanpa klien BitTorrent, Anda tidak dapat mengambil bagian dalam protokol peer-to-peer. Ada banyak klien BitTorrent yang bisa dipilih — banyak. Favorit kami meliputi:

  • qBitTorrent – Windows / Mac (varian open-source, uTorrent)
  • Deluge – Windows / Mac (juga open-source, juga gratis, dan dan mendukung banyak plugin untuk menyesuaikan operasinya)
  • Transmisi – terutama untuk Mac, tetapi versi Windows “preview awal” tersedia. (Klien yang sangat populer, dan sangat mudah digunakan.)
  • Tixati – Windows (sederhana dan skinnable!)

Untuk mengunduh apa pun menggunakan aplikasi BitTorrent, pertama-tama Anda harus mencari dan mengunduh file .torrent dan kemudian membukanya dengan klien BitTorrent Anda. File torrent tidak mengandung file Anda. Alih-alih, itu berisi informasi yang memberi tahu klien BitTorrent Anda di mana ia dapat menemukan rekan yang juga berbagi dan mengunduh file.

Seperti yang dijelaskan oleh blog BitTorrent:

“Di dalam file“ .torrent ”adalah sekumpulan informasi yang membantu klien BitTorrent Anda menemukan dan mengunduh data. Informasi ini adalah sekelompok file yang mencakup nama, ukuran, dan struktur folder. Seiring dengan informasi tentang file, file ‘.torrent’ juga berisi daftar pelacak.

Pelacak dapat dianggap sebagai komputer – atau sekelompok komputer – yang membantu mengidentifikasi lokasi data tertentu. Ketika permintaan untuk konten keluar, katakanlah edisi terbaru The FADER 101 Bundle, pelacak membantu menghubungkan orang yang mencarinya ke lokasi di mana ia dapat ditemukan. “

Anda juga dapat menggunakan apa yang disebut “tautan magnet” untuk memulai unduhan BitTorrent. Perbedaannya di sini adalah Anda tidak mengunduh file .torrent dari server secara langsung; sebagai gantinya, tautan magnet berisi semua informasi yang Anda butuhkan untuk menemukan file .torrent dari rekan BitTorrent lainnya. Ini adalah pendekatan terdesentralisasi yang menyelamatkan Anda dari keharusan mengunduh file .torrent untuk memulai (dan juga membantu situs web dengan hanya mengharuskan mereka untuk mempublikasikan tautan magnet, daripada meng-host file .torrent sendiri).

Seperti yang dijelaskan oleh wiki BitComent:

“[Tautan Magnet] dapat mengurangi beban pada situs web indeks torrent dan juga dapat menawarkan peluang yang lebih baik untuk menjaga torrent tetap hidup, karena begitu file .torrent ada di DHT Network, secara teoritis tidak perlu tersedia untuk diunduh pada sebuah situs web lagi; yang Anda butuhkan hanyalah Magnet Link. Dan jika situs asli hosting torrent turun atau tidak menyediakannya lagi, tautan lebih cenderung disebarkan di Internet daripada file .torrent yang di-host untuk diunduh di situs alternatif. “

Di mana Anda menemukan torrents?

Di sinilah kita masuk ke area abu-abu etis. Tunggu sebentar: Kebanyakan orang menggunakan BitTorrent untuk mengunduh materi hak cipta. Tidak peduli seberapa besar kita menipu diri sendiri bahwa kita semua mengunduh distribusi dan screensaver Linux, pembajakan dan BitTorrent berjalan seiring. (Dan, ya, kami sangat menyadari bahwa ada banyak tempat lain untuk mengunduh hal-hal ilegal: Usenet, situs hosting file seperti Mega, dan lain-lain.)

Konten apa pun yang Anda cari, kami sarankan untuk tidak menggunakan pendekatan “Google nama itu ditambah kata ‘BitTorrent'” kecuali jika Anda jujur ​​mencari sesuatu seperti distribusi Linux biasa. Jika Anda mencoba meraih episode terbaru acara TV favorit Anda secara gratis, Anda akan menemukan banyak sekali daftar — dan banyak situs spam yang ingin memanfaatkan minat Anda pada konten gratis. Pada akhirnya Anda mungkin berakhir dengan BitTorrenting file yang tidak Anda harapkan sedikit pun. Atau, lebih buruk lagi, malware.

Tidak sulit untuk menemukan situs web hebat yang mencantumkan semua jenis torrent yang mungkin Anda minati. Juga tidak terlalu sulit untuk menemukan situs web yang mencantumkan jenis situs web ini. Apa pun kesenangan BitTorrent Anda, saya sarankan Anda memperlakukan ini dengan hati-hati. Tetaplah dengan rekomendasi dari mereka yang sudah ada di komunitas, yang mungkin tahu lebih banyak tentang apa yang sah (dan apa yang tidak) daripada Anda, jika Anda hanya mengambil langkah pertama dalam dunia pengunduhan yang luas dan luas ini.

Mengunduh torrent

Ketika Anda menemukan item tertentu untuk diunduh melalui BitTorrent, Anda akan ingin memeriksa satu statistik: berapa banyak seeder yang dimilikinya, atau berapa banyak yang memiliki salinan penuh dari apa pun yang ingin Anda unduh. Jangan putus asa jika angka ini nol; biarkan torrent Anda berjalan selama beberapa waktu (sehari, seminggu, apa pun), dan Anda mungkin beruntung dan mendapatkan beberapa seeder untuk bergabung dalam mix. Bergantung pada usia dan popularitas keseluruhan dari apa pun yang ingin Anda peroleh, Anda mungkin juga akan kekurangan. Jika ragu, bidiklah torrents yang memiliki banyak seeder.

Yang harus Anda lakukan untuk memulai klien BitTorrent Anda adalah mengunduh dan menjalankan file .torrent atau mengklik tautan magnet — dan jika yang terakhir tidak berfungsi, Anda mungkin dapat mengimpornya secara manual dan kemudian mengatur klien BitTorrent Anda sebagai aplikasi default untuk menangani jenis tautan ini di masa mendatang.

Cukup mudah bukan? Namun, ada beberapa faktor tambahan yang ingin Anda ingat ketika Anda memulai petualangan BitTorrent Anda:

  • Berapa banyak bandwidth yang Anda gunakan? Setiap klien BitTorrent yang bahkan setengahnya bagus harus datang dengan beberapa cara untuk membatasi kecepatan unduh dan unggah Anda. Jika Anda membagikan koneksi internet Anda dengan orang lain dalam jam kerja Anda, atau Anda tidak ingin file-sharing Anda memengaruhi aktivitas Anda yang lain, menetapkan batas yang wajar sangat penting. Anda mungkin ingin membatasi kecepatan unggah Anda lebih dari kecepatan unduhan Anda; sementara ini membuat Anda brengsek, berbagi bijaksana, ISP Anda cenderung mendukung kecepatan unggah yang jauh lebih rendah daripada kecepatan unduhan.
  • Jika Anda membayar untuk “150Mbps internet,” misalnya, itu bisa berarti bahwa Anda dibatasi hanya 5Mbps untuk unggahan — bukan 150Mbps. Isi pipa dengan melemparkan sedikit demi sedikit file ke klien BitTorrent yang bersemangat, dan tidak akan ada ruang tersisa untuk kegiatan Anda yang membutuhkan bandwidth lainnya.
  • Haruskah Anda menggunakan VPN? Jika semua yang Anda unduh adalah legal, Anda baik-baik saja. Jika Anda mengunduh hal-hal yang berpotensi mengecewakan pemegang hak cipta, Anda hanya meminta surat tegas dari ISP Anda — atau lebih buruk lagi — jika Anda tidak menggunakan VPN untuk menyembunyikan apa yang Anda lakukan. Jangan gunakan VPN gratis. Bayar VPN yang bagus yang akan menyembunyikan apa pun yang sedang Anda lakukan.
  • Berapa lama Anda menyemai? Meskipun mulia dan bagus bagi Anda untuk mempertahankan rasio BitTorrent yang hebat (jumlah yang Anda unduh vs berapa banyak yang Anda unggah ke orang lain), pikirkan kembali ke poin pertama. Jika Anda selalu mem-seeding file, Anda dapat memengaruhi kinerja jaringan Anda sendiri. Pertimbangkan apakah Anda benar-benar ingin klien BitTorrent Anda meluncurkan ketika Anda memulai Windows (dan mulai secara otomatis menyemai apa pun yang Anda unduh).

Kalau tidak, pikirkan lama Anda merasa nyaman. Dan ketika Anda mencapai titik itu untuk torrent yang Anda unduh, hapuslah dari klien BitTorrent Anda. Jika Anda tidak lagi memerlukan apa pun yang Anda unduh, jangan lupa juga menghapusnya dari hard drive Anda. (Menyesuaikan tempat unduhan klien Anda torrent membuat lebih mudah untuk tidak melupakan langkah ini.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

File di iCloud Tidak Sengaja di Hapus? Cara ini Dapat Memulihkannya

iCloud adalah solusi penyimpanan online utama untuk perangkat Apple dan kadang-kadang terjadi…

Cara Mudah Install ADB Driver Dan ADB Tools Android di Windows XP/VISTA/7/8/10 32Bit & 64Bit

ISLUP TUTORIAL – Memahami Driver ADB, ADB adalah singkatan dari Android Debug…

Cara Mengaktifkan Dark Mode) Mode Gelap untuk Gmail

Tren mode gelap tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, dan Gmail adalah salah satu…

Mengapa iPhone Saya tidak bisa mencadangkan ke iCloud / iTunes

Di seluruh dunia, pengguna iPhone Apple yang tak terhitung bergantung pada perangkat…

[Work 100%] Cara Root Xiaomi Mi4i Dengan Mudah dan Cepat

ISLUP TUTORIAL – Halo Mi Fans, pada kesempatan ini kami akan membagikan…

Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) untuk Instagram

Menjalankan Instagram dalam mode gelap dapat membantu menghemat daya (seperti yang diungkapkan…

Cara memulihkan kontak, kalender, dan bookmark iCloud yang dihapus

Mungkin saja ini terjadi pada Anda ketika tiba-tiba beberapa konten dari penyimpanan…

Cara Disable Startup Programs di Windows 7 dan Vista

ISLUP WINDOWS – Seiring waktu ketika Anda menginstal lebih banyak dan lebih…

Cara Mudah Install Let’s encrypt sebagai AutoSSL di VPS cPanel

ISLUP TUTORIAL – Mulai dari versi cPanel 62, cPanel menyediakan fitur yang…

Cara memindahkan foto dari iPhone ke Google Photos

Google Photos lebih dari aplikasi galeri biasa karena menawarkan penyimpanan cloud untuk…