Apakah kemarahan itu sehat?

Setiap orang pernah mengalami kemarahan.Ā Intensitas kemarahan Anda dapat berkisar dari gangguan yang mendalam hingga kemarahan yang ekstrem.Ā Adalah normal dan sehat untuk merasa marah dari waktu ke waktu sebagai tanggapan terhadap situasi tertentu.

Tetapi kadang-kadang orang mengalami kemarahan yang tidak terkendali yang sering meningkat, terutama ketika provokasi kecil. Dalam hal ini, kemarahan bukanlah emosi yang normal tetapi masalah utama.

Apa yang menyebabkan masalah kemarahan dan kemarahan?

Kemarahan berasal dari berbagai sumber dan dapat sangat bervariasi. Beberapa pemicu kemarahan umum meliputi:

  • masalah pribadi, seperti kehilangan promosi di tempat kerja atau kesulitan hubungan
  • masalah yang disebabkan oleh orang lain seperti membatalkan rencana
  • acara seperti lalu lintas yang buruk atau mengalami kecelakaan mobil
  • kenangan peristiwa traumatis atau mengamuk

Dalam kasus lain, masalah kemarahan mungkin disebabkan oleh trauma awal atau peristiwa dalam kehidupan seseorang yang telah membentuk kepribadian mereka.Ā Dalam beberapa kasus, perubahan hormon juga dapat menyebabkan kemarahan, seperti halnya gangguan mental tertentu.

Baca Juga : Latihan Manajemen Kemarahan untuk Membantu Anda Tetap Tenang

Apa saja gejala dari masalah kemarahan?

Beberapa tanda bahwa kemarahan Anda tidak normal antara lain:

  • kemarahan yang memengaruhi hubungan dan kehidupan sosial Anda
  • merasa bahwa Anda harus menyembunyikan atau menahan amarah Anda
  • berpikir negatif konstan dan ber fokus pada pengalaman negatif
  • terus-menerus merasa tidak sabar, jengkel, dan bermusuhan
  • sering berdebat dengan orang lain, dan semakin marah dalam prosesnya
  • menjadi keras secara fisik ketika Anda sedang marah
  • mengancam kekerasan terhadap orang atau properti mereka
  • ketidakmampuan untuk mengendalikan kemarahan Anda
  • merasa terdorong untuk melakukan, atau melakukan, hal-hal yang kasar atau impulsif karena Anda merasa marah, seperti mengemudi secara sembrono atau menghancurkan hal-hal
  • menjauh dari situasi tertentu karena Anda cemas atau depresi tentang ledakan kemarahan Anda

Baca Juga : 4 Fakta Tentang Kemarahan Wanita yang Akan Membantu Anda Tetap Sehat

Apa kriteria diagnostik untuk masalah kemarahan?

Kemarahan itu sendiri bukan merupakan gangguan mental, jadi tidak ada diagnosis yang ditetapkan untuk masalah kemarahan dalam edisi baru Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5).

Namun, daftar lebih dari 32 gangguan mental – sepertiĀ gangguan kepribadian batasĀ dan gangguan bahan peledak intermiten – yang mencakup kemarahan sebagai gejala.Ā Mungkin saja masalah kemarahan Anda disebabkan oleh gangguan mental yang mendasarinya.

Apa yang bisa terjadi jika masalah kemarahan tidak ditangani?

Jika Anda tidak berurusan dengan masalah amarah Anda, suatu hari nanti bisa meningkat ke titik di mana Anda melakukan sesuatu yang ekstrem dan disesalkan. Kekerasan adalah salah satu hasil yang mungkin. Anda bisa menjadi sangat marah hingga akhirnya menyakiti diri sendiri atau orang yang Anda sayangi tanpa bermaksud melakukannya.

Jika Anda curiga Anda memiliki masalah kemarahan, penting untuk mencari bantuan profesional. Bicaralah dengan dokter Anda untuk rujukan ke penyedia layanan kesehatan mental yang akan dapat membantu.

Bagaimana Anda bisa mengatur kemarahan Anda di rumah?

Ada beberapa cara yang membantu untuk mengendalikan kemarahan Anda di rumah.

Teknik relaksasi

Ini termasuk bernafas dalam-dalam dan membayangkan adegan santai dalam pikiran Anda. Saat mencoba rileks, bernapas dari dalam paru-paru, menghirup dan menghembuskan napas perlahan dengan cara yang terkontrol. Ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti “santai” atau “santai saja.”

Anda mungkin juga ingin memvisualisasikan pengalaman santai, baik dari ingatan atau imajinasi Anda. Latihan lambat, seperti yoga juga dapat membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Restrukturisasi kognitif

Mengubah cara Anda berpikir dapat mengubah cara Anda mengekspresikan kemarahan Anda. Ketika seseorang merasa marah, seringkali mudah bagi mereka untuk berpikir secara dramatis. Penting untuk fokus pada pengungkapan pemikiran yang rasional, bukan irasional.

Hindari menggunakan kata-kata “selalu” dan “tidak pernah” dalam pikiran dan ucapan Anda. Istilah seperti itu tidak akurat dan dapat membuat Anda merasa bahwa kemarahan Anda dibenarkan, yang membuatnya menjadi lebih buruk. Kata-kata ini juga dapat melukai orang lain yang mungkin mencoba membantu Anda menemukan solusi untuk masalah Anda.

Penyelesaian masalah

Kemarahan bisa disebabkan oleh masalah yang sangat nyata. Sementara beberapa kemarahan dibenarkan ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, itu bukan kemarahan yang akan membantu Anda memperbaiki masalah. Cara terbaik untuk mendekati situasi yang membuat Anda marah adalah dengan tidak fokus pada solusi tetapi untuk mencari cara mengatasi masalah tersebut.

Anda dapat melakukannya dengan membuat rencana dan sering mengeceknya sehingga Anda dapat memeriksa kemajuan Anda sesering mungkin. Jangan marah jika masalah akhirnya diselesaikan tidak persis seperti yang Anda rencanakan. Berusahalah sebaik mungkin.

Komunikasi

Ketika orang merasa marah, mereka cenderung melompat ke kesimpulan, yang bisa jadi tidak akurat. Ketika Anda memiliki argumen yang marah, pelan-pelan dan pikirkan tanggapan Anda sebelum memukul. Ingatlah untuk mendengarkan lawan bicara Anda. Komunikasi yang baik dapat membantu Anda menyelesaikan masalah sebelum kemarahan Anda meningkat.

Bagaimana seorang profesional medis dapat membantu Anda mengelola kemarahan?

Seorang profesional medis seperti psikiater atau psikolog dapat merekomendasikan intervensi untuk mengendalikan kemarahan Anda. Terapi bicara dapat membantu, seperti halnya kelas manajemen kemarahan.

Sesi manajemen kemarahan dapat diambil secara langsung atau online. Mereka juga dapat dipelajari dalam sebuah buku. Manajemen kemarahan akan mengajarkan Anda bagaimana mengidentifikasi frustrasi Anda sejak dini dan kemudian mengatasinya. Ini mungkin melibatkan memberi tahu orang lain, atau diri Anda sendiri, apa yang Anda butuhkan, sementara juga tetap tenang dan bertanggung jawab atas situasi (sebagai lawan dari memiliki kemarahan yang meledak-ledak).

Sesi-sesi ini dapat diambil sendiri dengan seorang konselor atau dengan seorang konselor ditemani oleh pasangan Anda atau kelompok. Jenis, panjang, dan jumlah sesi akan tergantung pada program dan kebutuhan pribadi Anda. Jenis konseling ini bisa singkat atau dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulan.

Ketika Anda memulai sesi, penasihat Anda akan membantu Anda mengidentifikasi pemicu kemarahan Anda dan membaca tubuh dan emosi Anda untuk tanda-tanda kemarahan. Memperhatikan dan memeriksa dengan tanda-tanda peringatan ini adalah salah satu langkah awal yang diperlukan untuk membantu mengendalikan amarah Anda. Kemudian, Anda akan belajar keterampilan perilaku dan cara berpikir yang akan membantu Anda mengatasi kemarahan Anda. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan mental yang mendasarinya, penasihat Anda juga akan membantu Anda mengelolanya, seringkali membuatnya lebih mudah untuk mengendalikan amarah Anda.

Bagaimana prospek masalah kemarahan?

Kemarahan tidak harus menghalangi Anda menjalani hidup yang bahagia dan penuh. Jika Anda mengalami kemarahan yang luar biasa, temui dokter atau penyedia layanan kesehatan mental Anda. Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi terapi profesional mana yang mungkin dapat membantu Anda mengatasinya.

Terlebih lagi, ada banyak cara untuk belajar mengendalikan kemarahan di rumah.Ā Dengan waktu dan upaya yang gigih, Anda akan dapat lebih mudah mengendalikan amarah dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca Juga : 11 Cara untuk Melepaskan Kemarahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

Cara Tertidur dalam 10, 60, atau 120 Detik

Cara tercepat untuk tidur? Menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencoba tertidur daripada…

4 Fakta Tentang Kemarahan Wanita yang Akan Membantu Anda Tetap Sehat

Hampir dua minggu yang lalu, banyak dari kita menyaksikan kesaksian Dr. Christine…

5 Titik Tekanan untuk Tidur

Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup umum yang membuatnya sulit untuk tertidur dan…

50 Makanan Yang Sangat Sehat

Sangat mudah untuk bertanya-tanya makanan mana yang paling sehat. Sejumlah besar makanan…

Daripada Lari, Lompat Tali Lebih Efektif Bakar Kalori untuk Kaki

Lompat tali yang mungkin sudah jarang kita lakukan sejak kecil disebut studi…

Latihan Manajemen Kemarahan untuk Membantu Anda Tetap Tenang

Mengapa latihan manajemen kemarahan berhasil Sebagian besar dari kita telah “kehilangan itu”…

Inilah 7 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Buah salak memiliki banyak manfaat kesehatan. Tahukah Anda apa manfaatnya? Anda tentu…

11 Cara untuk Melepaskan Kemarahan

Menunggu dalam antrean panjang, berurusan dengan komentar sinis dari rekan kerja, mengemudi…

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

ISLUP HEALTH – Mata adalah bagian organ yang penting dan tidak boleh…

Catat Nih Kebiasaan yang Bikin Keputihan Lebih Bau

Menjelang menstruasi, para wanita sering dihadapkan pada masalah keputihan. Keputihan sendiri sudah…